Manfaat Dalam Segelas Wedang Jahe Nikmat



manfaat wedang jahe
Wedang jahe merupakan minuman tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan juga Jawa Timur. Dalam bahasa Jawa, kata "wedang" berarti minuman hangat. Berarti secara sederhana, wedang jahe bisa diartikan sebagai minuman hangat dari jahe. Masyarakat internasional menyebut wedang jahe dengan istilah ginger tea meski pada kenyataannya jahe sama sekali tidak mengandung tannin. Wedang jahe memiliki rasa yang nikmat dan khas. Istimewanya lagi, minuman penghangat tubuh ini ternyata berkhasiat. Berikut uraian manfaat wedang jahe bagi tubuh.


Pendamping Diet Yang Baik

Jahe, oleh ahli nutrisi, dimasukkan ke dalam 10 komponen makanan yang memiliki daya hancur yang kuat terhadap lemak. Oleh sebab itu, konsumsi jahe secara rutin akan mengurangi kandungan lemak dalam tubuh. Karenanya, sangat tepat jika wedang jahe dijadikan sahabat saat diet. Selain itu, jahe sudah sejak dahulu dikenal mampu merangsang metabolisme tubuh serta melebarkan pembuluh darah. Semua efek ini bermanfaat untuk mempercepat penurunan berat badan.

Manfaat wedang jahe lainnya adalah mengusir pilek bandel. Tambahkan jeruk nipis jika ingin mengoptimalkan khasiatnya. Selain mengusir pilek, jahe juga ampuh menghangatkan badan. Jadi, jangan ragu meminum wedang jahe. Old is Gold, meski termasuk minuman tradisional namun manfaatnya sensasional!

Racik Bersama Bahan Sehat Lainnya

 

Pada dasarnya, wedang jahe diracik dengan cara sederhana. Cukup ambil beberapa ruas jahe, memarkan atau cukup dipotong tipis-tipis dan kemudian rebus dengan air. Setelah susut seperdua, ambil air rebusan tersebut dan campurkan bersama bahan lainnya seperti madu, jeruk nipis atau gula jawa. Beberapa resep tertentu, jahe direbus bersama cengkeh, merica dan juga kapulaga. Agar lebih wangi, Anda juga bisa menambahkan daun pandan dan sereh. Prinsipnya, wedang jahe spesial bisa terdiri dari bermacam tambahan bahan. Tetapi, sensasi hangatnya tetap bersumber dari jahe.

Mencermati manfaat wedang jahe yang beragam, tak ada salahnya meracik minuman hangat ini untuk keluarga, terlebih di musim penghujan.  Berikut sebuah resep wedang jahe yang bisa Anda coba di dapur. 

Pertama siapkan bahan:
  • Jahe sebanyak 80 gram. Jika suka pedas, pakailah jahe merah.
  • 1 liter air.
  • 500 mililiter susu full cream segar.
  • Gula pasir sebanyak 100 gram.
  • 2 biji kapulaga.
  • kayu manis sepanjang 4 cm.
  • 1 sendok makan gula jawa.
  • 2 biji cengkeh.

Cara membuat:

Pertama, potong jahe dalam ukuran kecil dan kemudian bakar hingga setengah layu. Selanjutnya memarkan. Kemudian rebus semua bahan yakni susu full cream, gula pasir, cengkeh, kapulaga, gula jawa, kayu manis dan juga jahe yang telah dimemarkan. setelah air susut seperdua, angkat dan sajikan di gelas. Wedang jahe siap dinikmati. Anda bisa menmbahkan kacang atau bahan  lainnya sesuai selera. Selamat mencoba!