Beragam Manfaat Jahe Merah (Red Ginger)



manfaat jahe merah
Jahe merah, atau yang dikenal juga dengan istilah Zingiber Officinale varietas Rubrum, merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan di Indonesia. Jahe merah pada prinsipnya adalah salah satu varian dari tanaman jahe. Namun, tak seperti jenis jahe lainnya, sensasi pedas varian jehe merah jauh lebih menggigit sebab kandungan tannin juga zat keton bernama zingeron-nya jauh lebih tinggi. Keistimewaan ini menjadikan manfaat jahe merah lebih beragam.

Selain tannin dan juga Zingeron, jahe merah juga mengandung senyawa pendukung lainnya seperti gingerol, shogaol, oleoresin, minyak atsiri, zingerberin, lemonin, asam organik, minyak dammar, pati, zingiberal, asal aksolat, asam malat dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa kompleks yang secara umum ditemukan di bagian rimpang jahe merah ini merupakan biang mengapa tanaman yang digolongkan ke dalam suku temu-temuan ini lazim digunakan sebagai obat, tak hanya di Indonesia tetapi di semua penjuru dunia. Berikut uraian beragam manfaat jahe merah utamanya bagi kesehatan tubuh manusia.

Si Pedas Yang Kaya Manfaat


Mencermati sensasi panas serta pedasnya yang baik, tidak heran jika kemudian jahe merah sering digunakan sebagai bahan utama minyak gosok yang berfungsi mengusir rasa pegal dan nyeri pada sendi. Efek farmakologis pemakaian jahe marah pada bagian luar tubuh memang mencakup anti-radang, melancarkan sirkulasi darah, mengoptimakan daya tahan tubuh, penghangat tubuh, meningkatkan nafsu makan dan lain-lain. Tak hanya digunakan sebagai bahan utama minyak gosok, ternyata rimpang jahe merah juga sedang marak diolah dalam bentuk serbuk ekstrak instan siap minum. Khasiatnya cukup beragam antara lain mengusir infulenza, menguatkan produksi getah bening, mengobati batuk juga asma, menguatkan hati, mencegah kemandulan, merangsang kinerja syaraf tubuh dan masih banyak lagi lainnya.

Tidak Untuk Penderita Maag!

Meski manfaat jahe merah cukup banyak, tetapi bagi mereka yang mengidap penyakit maag sangat disarankan untuk menghindari konsumsi jahe merah. Hal ini bukan tanpa alasan, kandungan zat gingerol pada jahe merah bisa membuat lambung terasa panas seperti terbakar. Selain untuk penderita maag, banyak ahli gizi yang juga menyarankan ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi tanaman obat yang satu ini. Kabarnya, jahe merah memiliki senyawa yang berpotensi menggugurkan kandungan. Jadi, tetap berhati-hati!