Resep Sirup Jahe



Sirup Jahe
Selain digunakan sebagai bumbu, Jahe juga menjadi salah satu bahan utama obat herbal di Indonesia. Tanaman yang digolongkan ke dalam suku temu-temuan ini memang diketahu mengandung senyawa aktif yang kompleks. Senyawa ini, jika dikonsumsi akan memberi manfaat dan juga efek farmakologis terhadap tubuh manusia antara lain melancarkan pencernaan, mengoptimalkan stamina tubuh, mengatasi peradangan pada kulit termasuk jerawat, menurunkan berat badan, mereduksi tekanan darah tinggi, membersihkan tubuh dari racun, mencegah terjadinya penggumpalan darah, membuat pembuluh darah lebih elastis, menghangatkan tubuh dan masih banyak lagi lainnya. Mencermati beragam khasiat ini, sangat wajar jika jahe kemudian diracik menjadi produk instan yang memudahkan orang-orang mengkonsumsinya setiap hari. Salah satu yang populer adalah sirup jahe. Pada dasarnya, ada beragam produsen obat herbal yang menawarkan sirup jahe kemasan. Namun, jika Anda punya waktu berlebih, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk meracik sirup jahe langsung dari rumah Anda. Siap mencoba? Berikut resepnya.

Siapkan Bahan-bahan

Untuk meracik sirup jahe nikmat dan berkhasiat, pertama Anda tentunya harus menyiapkan bahan-bahan, antara lain:
  • Jahe segar sebanyak 1 kilogram. Agar kualitas sirup optimal, gunakan jahe gajah yang tidak memiliki cacat pada permukaan kulitnya.
  • Jahe merah atau emprit sebanyak 1 kilogram.
  • Gula pasir sebanyak 2 kilogram.
  • Gula jawa juga sebanyak 2 kilogram.
  • Temulawak sebanyak 2 biji. Pilih ukuran sedang.
  • Serai sebanyak 6 batang. Bersihkan, buang daunnya dan kemudian memarkan.
  • Cengkeh segar sebanyak 15 butira.
  • Pala sebanyak 1 butir. Tumbuk sampai halus.
  • Kayu manis sebanyak 2 batang. Pilih yang berukuran 10 centimeter.
  • Daun Pandan segar sebanyak 2 lembar.
  • Air bersih sebanyak 4 liter.

Cara Membuat Sirup Jahe


Setelah semua bahan terkumpul, langkah pembuatan sirup jahe dimulai dengan mencuci semua bahan jahe. Setelah itu, kupas kulitnya dan cuci kembali agar benar-benar bersih sempurna. Selanjutnya, semua jahe dihalauskan. Jangan gunakan blender. Jauh lebih baik jika Anda menggunakan parutan tradisional agar sarinya keluar dengan sempurna. Saring parutan jahe tersebut dan simpan dalam wadah terpisah.

Langkah selanjutnya adalah, panaskan 4 liter air. Masukkan bahan kayu manis, pala bubuk, cengkeh, garam, dan juga serai. Panaskan terus hingga mendidih. Selanjutnya, masukkan air parutan jahe ke dalamnya. Aduk terus hingga kembali mendidih. Kemudian angkat dan tiriskan. Setelah dingin, pisahkan air dengan ampas secara sempurna. Air yang telah terbebas dari ampas kemudian kembali dipanaskan dalam panci terpisah bersama gula jawa dan juga gula pasir. Masak sampai gula tersebut larut sempurna dan mendidih. Jika telah mengental, matikan api, angkat dan simpan di wadah. Setelah dingin, simpan sirup di botol steril dengan penutup kedap udara. Sirup jahe siap untuk dinikmati. Mudah kan? Selamat mencoba ya.