Cara Membuat Jahe Instan



jahe instan
Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang cukup populer baik di Indonesia maupun di mancanegara. Rasanya pedasnya yang khas dan kemampuannya untuk memberikan kehangatan bagi tubuh menjadikan jahe sebagai salah satu komoditas primadona.

Saat ini terdapat banyak sekali jenis produk olahan jahe yang tersedia di pasaran, mulai dari : manisan jahe, wedang jahe, hingga jahe instan. Nah, dalam kesempatan kali ini, blog Tentang Jahe akan mengulas sedikit tentang cara pembuatan jahe instan.

Berikut ini beberapa bahan yang digunakan untuk membuat jahe instan :


Bahan Baku :
  1. Jahe Gajah sebanyak kurang lebih 1 kg
  2. Gula secukupnya sesuai dengan selera
  3. Air sebanyak 4 liter
Penambah Rasa (Optional) :
  1. Batang Sereh digeprek kemudiaan diikat
  2. Cengkeh 10 biji
  3. Kayu manis 2 jari
Cara Membuat :
  1. Cuci bersih jahe yang telah kita siapkan. Jika memang jahe sangat kotor, Anda dapat menggunakan sikat halus untuk membersihkan permukaannya. Jahe harus benar-benar bersih karena untuk membuat jahe instan kita tidak perlu mengupas kulit jahe.
  2. Setelah dikupas bersih parut jahe tersebut. Anda dapat menggunakan alat penggiling kelapa (dalam bahasa jawa selep) agar prosesnya lebih cepat. Setelah halus tambahkan air ke dalam parutan jahe tersebut. Untuk 1 kg jahe perbandingan air yang digunakan adalah 4 liter.
  3. Setelah tercampur saring larutan tersebut dengan menggunakan kain agar terpisah antara sari jahe dengan ampasnya. Diamkan selama beberapa jam agar pati jahe mengendap.
  4. Setelah terlihat mengendap, pisahkan pati jahe dengan sari jahe ke dalam dua wadah yang berbeda. Pati jahe merupakan limbah yang masih bisa dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.
  5. Masak sari jahe yang telah terpisah dengan patinya dengan sambil mencampurkan gula sesuai selera. Untuk takaran yang biasa digunakan adalah 1 : 1. Artinya 1 liter sari jahe dengan 1 kg gula pasir.
  6. Masukkan sereh, cengkeh dan kayu manis untuk menambah rasa. Jika Anda tidak suka dengan aroma ketiga bahan ini, maka bahan ini tidak perlu digunakan.
  7. Masak terus dengan api sedang hingga sari jahe menjadi mengkristal. Selama memasak harus terus diaduk tanpa henti. Jika hal ini tidak dilakukan, jahe instan yang kita buat akan gosong dan berwarna kecoklatan.
  8. Setelah banyak yang mengkristal kecilkan api hingga ke tingkat minimal. Proses ini ditujukan agar kristal-kristal tersebut berubah menjadi bubuk. Jahe instan yang berkualitas adalah yang berwarna kuning kehijauan dan memiliki aroma khas jahe.
Mudah bukan cara membuat jahe instan? Selamat mencoba!

Credit image : kebutuhan-rumah-dan-kebun.pelapak.com